Tugas 2 ANALITIKA

DI FATUULAN, GENERASI MUDA DAN TUA BERJARAK, KEMUDIAN BERSAMA

 

Membicarakan pemuda seperti memacak diri di depan kaca karena bagi kelompok yang lebih muda, kegiatan ini biasanya menggugah mereka untuk melakukan sesuatu yang lebih baik di waktu mendatang. Sebaliknya , bagi anggota masyarakat yang berusia tua, hal ini seperti mengkilas balik hidup mereka dan membandingkannya dengan yang sekarang. Hal itulah yang terjadi di desa Fatuulan, 12 Agustus 2005 yang lalu, ketika sebanyak 164 anggota masyarakat berkumpul dan memperingati Hari Pemuda Sedunia.

Di desa yang terletak di Kecamatan Kie ini, CWS Indonesia mengadakan pertemuan, Dalam pertemuan itu, dibentuk kelompok masing-masing yang mendiskusikan masalah-masalah Kepemudian yang terjadi didesa Fatuulan, apa penyebabnya, dan bagaimana pemecahannya. Menarik sekali memperhatikan jawaban-jawaban yang terlontar, apalagi karena mereka yang berdiskusi, berasal dari generasi-generasi yang berbeda. Hal yang menjadi masalah bagi kelompok generasi muda ternyata berbeda jika dilihat dari kaca mata tokoh adat, tokoh agama, dan pemerintah.

Minuman keras misalnya, menempati prioritas pertama yang dianggap pemuda sebagai masalah, sedangkan bagi kelompok pemerintah dan tokoh agama masalah utama dalam masyarakat adalah masalah hamil diluar nikah. Mereka malah tidak melihat minum minuman keras sebagai masalah. Jadi, memang harus diakui, hal ini menunjukan bahwa ada jurang  yang cukup besar antara generasi muda dan tua.

Perbedaan pandangan antar generasi jugalah yang terlihat ketika mereka mendiskusikan masalah hamil diluar nikah. Pemuda melihat masalah itu sebagai kurangnya perhatian dari orang ua dan tidak adnya persetujuan dari orang tua atas pasangan yang dipilihnya. Sementara, kelompok yang lebih tua memandang bahwa masalah itu disebabkan oleh pemuda itu sendiri yang terlalu bebas bergaul, atau penipuan dari laki-laki yang meniru perempuan yang diincarnya. Lagi-lagi, tampak perbedaan sudut pandang antardua generasi ini. Demikian juga sisi solusi. Pemuda mengaharapkan adanya komunikasi yang lancar dari orang tua untuk memecahkan masalah ini. Generasi tua umunya mengambil jalan “pembinaan” sebagai penyelesaiannya.

Nah,kasus diatas hanya secuil dari segudang fakta yang menggambarkan jarak antara pemuda dan generasi sebelumnya. Masih ada lagi hal lain, seperti pemuda merasa selama ini tidak dilinatkan dalam rapat-rapat desa. Hal ini kemudian ditanggapi positif oleh kelompok  pemerintah dengan mengajak para pemuda untuk membentuk badan pengurus pemuda tingkat desa, sehingga aspirasi mereka tertampung.

Akhirnya, aktivitas yang berlangsung dengan kritis selama 6 jam dan diikuti 74 orang pemuda serta 90 generasi tua ini, ditutup dengan berdansa poloneis. Dansa poloneis merupakan tarian rakyat Timor, sebagai tanda kebersamaan antardua generasi, bukan untuk berjarak.

Source :
Anonim. 2005. DI FATUULAN, GENERASI MUDA DAN TUA BERJARAK, KEMUDIAN BERSAMA. www.cwsindonesia.or.id. Diakses tanggal 12 Agustus 2005
Maryati, Dra. Kun dan Juju Suryawati, S.Pd. 2006. SOSIOLOGI : untuk SMA dan MA kelas XI. Jakarta : ESIS

Apa yang menjadi penyebab perbedaan cara pandang antara kelompok tua dan kelompok generasi muda ?globalisasi dan masuknya budaya luar yang mempengaruhi perilaku para pemuda untuk mengikuti tren yang ada, sebagaimana yang mereka lihat dan mereka rasakan. Sementara itu, kelompok tua hidup di jaman yang masih memiliki tradisi, lebih memperhatikan norma, dan menjaga nilai-nilai sosial yang ada dalam masyarakat.

Bagaimana pola hubungan keduanya ?Kelompok muda lebih menginginkan kebebasan dan keterbukaan terhadap budaya luar, sedangkan kelompok tua lebih menghendaki penanaman norma dasar masyarakat, mempertahankan nilai-nilai luhur dan cenderung tertutup terhadap unsur-unsur asing

Apa solusi terbaik agar kedua kelompok dapat hidup dinamis dan harmonis ?

Saling Toleransi dan mengerti satu sama lain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s